Tips Dan Trik Memilih Kail Untuk Karakter Ikan Tertentu

Bagi penggila mancing sebaiknya artikel yang satu ini dapat menjadi acuan tambahan ilmu untuk sedikit lebih mudah menangkap ikan yang telah di targetkan yaitu dengan cara memilih mata kail yang cocok dengan karakter ikan tersebut memakan umpan. Silahkan di pahami artikel dari kami Kepri Fishing Club tentang Tips Dan Trik Memilih Kail Untuk Karakter Ikan Tertentu.

Tips Memilih Kail Untuk Karakter Ikan Tertentu

Cara Ikan Memakan Umpan:
Masing masing ikan memiliki cara tertentu dalam memakan umpan ,ada yang menyambar, menghisap / sedot, meragut maupun mamagut, mari kita bahas satu persatu karakteristiknya dan mata kail yang cocok untuk masing masing tersebut.


1. Menyambar


Tips Dan Trik Memilih Kail Untuk Karakter Ikan Tertentu
Mata Kail yang cocok untuk karekter ikan yang makan umpan dengan menyambar

Gambar mata kail di atas adalah untuk jenis ikan yang menyambar umpan yang kebanyakan ikan tersebut adalah ikan yang bergigi tajam atau ikan "predator" yang akan memakan umpan semasa bergerak. Kebanyakan hal ini terjadi saat kita memancing menggunakan teknik tonda (trolling), casting, atau memancing dengan umpan hidup (live baiting). Beberapa jenis ikan yang berkarakter begini adalah Ikan Alu ( baracuda ), Haruan Tasik ( sejenis gabus ), Ikan Hiu, siakap, Tenggiri, kuwe atau GT dan lain sebagainya.
Karakter menyambar umpan begini maka mata kail jenis "Tuna Hook" atau " Big game Hook" sangat cocok sekali di pakai, yang mana mata kailnya menegak lurus kepangkal, karena jika ikan menyambar umpan mata kail akan tetap nyantol pada ikan tersebut. Jenis mata kail ini juga memiliki daya tahan yang kuat dan tidak akan lurus saat ikan berontak. Menurut penelitian saat ikan menyambar umpan, kekuatan hentakannya adalah 10 kali lebih berat dari badan ikan tersebut. contoh berat ikan 10 kg maka kekuatannya saat berontok kurang lebih 100 kg. Jadi jika mata kail tidak kuat atau tidak cocok penggunaannya maka ikan akan terlepas.

2. Ragut / Merebut

Tips Dan Trik Memilih Kail Untuk Karakter Ikan Tertentu

Jenis gambar mata kail di atas sangat cocok untuk karakter jenis ikan yang memakan umpan lalu di bawa lari seperti merebut sesuatu,Ini sering terjadi saat memancing dasaran (bottom fishing) atau mengambur (drift fishing) menggunakan umpan mati. Jenis ikan berkelakuan begini diantaranya adalah ikan Merah, jenak, Pari dll. Nah mata pancing yang disarankan adalah dari jenis kail dengan matanya membengkok sedikit kedalam atau disebut " circle hook" yang diciptakan khusus untuk mengcakok ikan hanya pada mulutnya. Menggunakan jenis mata kail ini sangat berbeda dengan jenis yang lainnya karena kita sebagai pemancing tidak perlu menyentak saat umpan di makan karena akan otomatis akan tersangkut di mulut ikan, pengalaman saya menggunakan mata kail ini rata rata ikan yang terpancing adalah 99.9 %. Kelebihan lainnya mengunakan kail jenis ini adalah ikan yang terpancing dapat dilepas kembali hidup hidup ( catch and release ) kerana mata kail hanya tersangkut di mulut tidak sampai tertelan.

3. Memagut (Nibblers)


Tips Dan Trik Memilih Kail Untuk Karakter Ikan Tertentu

Mata kail jenis ini sangat cocok untuk ikan yang tidak bergerak saat memakan umpan ( tidak membawa lari umpan ). Oleh karena itu sangat susah sekali mendapatkan ikan jenis karakter makannya memagut ini, adapun jenis ikannya seperti ikan gelame, ikan duri dan anak ikan atau ikan yang berukuran kecil. Untuk ikan yang suka makan dengan karakter begini saya sarankan mata kail yang jenis lurus dan mendonggak kesamping (off set point). Gunakan juga mata pancing yang berukuran kecil jangan terlalu bersar. Untuk mendapatkan ikan jenis ini haruslah cepat menyentak bila terasa ikan memakan umpan.

4. Menghisap (Sucking)

Tips Dan Trik Memilih Kail Untuk Karakter Ikan Tertentu

Mata kail ini cocok untuk ikan yang karakter memakan umpannya dengan menghisap seperti ikan kerapu, pelata bali dll, Ikan jenis ini ada yang mempunyai gigi tajam dan ada juga yang mempunyai insang yang tajam untuk memotong umpan setelah umpan masuk kemulutnya. Untuk ikan jenis ini saya sarankan gunakan kail yang mempunyai tangkai panjang.

Nah setelah mengerti beberapa karakter ikan memakan umpan kini kita jadi lebih tau dan yakin dengan pemilihan mata kail yang cocok untuk target ikan yang kita pancing. Pengetahuan tersebutkan dapat di praktekan bila ingin memancing Sang Idola Ikan Berparuh ( Billfish ). Semoga artikel Tips Dan Trik Memilih Kail Untuk Karakter Ikan Tertentu ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain waktu.

loading...