Tips Dan Trik Mancing Ikan Bawal

Jumpa lagi dengan Kepri Fishing Club ( KFC ) kali ini akan membahas Tips Dan Trik Mancing Ikan Bawal. Ikan bawal air tawar atau nama latinnya Colossoma Macropomum kolamnya sangat mudah kita temui di sekitar lingkungan kita, karena popularitas ikan ini tergolong sangat termasyur di Indonesia. Ikan ini tergolong rakus dan tidak pernah pilih - pilih makanan itulah salah satu yang membuat kesuksesannya di kembangkan di negri kita ini. Ia adalah tipe Omnivora atau pemakan segalanya jadi apa aja yang ada didekatnya pasti di embat jadi pakannya bisa di buat sangat mudah dan murah. Sangat cepat dalam pertumbuhannya dan tahan terhadap stres jadi selain menguntungkan membudidayakan ikan ini tingkat kerugianpun bisa diminimalisir. Itulah yang membuat ikan ini begitu populer sob.

Nah sedikit info tersebut di atas sangat berhubungan dengan artikel kita kali ini sob, karena ikan bawal itu rakus berarti mudah untuk dipancing, kita tidak terlalu repot dengan urusan umpannya karena mudah di dapat dari yang paling murah hingga yang paling mahal harganya. Nah kalau mudah di pancing kenapa masih di jadikan postigan di blog ini ? untuk jawaban itu karena ikan ini termasuk yang memiliki perlawanan yang lumayan saat fight dan admin merasa perlu untuk mempostingnya di blog ini sebagai penambah artikel dan juga untuk referensi sobat angler yang belum tau, kalau yang udah tau ya silahkan baca artikel yang lain yah :-p

Tips Dan Trik Mancing Ikan Bawal


Sangat jarang orang yang memancing ikan bawal di kolam menggunakan teknik mancing Casting apalagi yang menggunakan umpan tiruan seperti minow atau spoon, ikan ini lebih populer di pancing dengan teknik tradisional. Nah jika sobat angler adalah satu di antara orang yang memancing menggunakan umpan tiruan tersebut maka sobat harusnya bangga jangan pula minder yah karena untuk trips dan triknya mancing ikan ini tidaklah sesulit memancing ikan bandeng atau ikan mas

Umumnya area kolam pemancingan yang paling dalam atau drop off nya terletak pada posisi tengah kolam. Ini untuk menjaga sportifitas saat memancing di kolam karena dimanapun posisi kita mancing tetap dapat akses sama ke wilayah lubuk ikan tersebut.
Baca juga
Tips Dan Trik Mancing Ikan Patin
Black Bass Tips Dan Trik Memancingnya

Kita lanjut lagi ke Tips dan trik mancing si ikan rakus ini dengan teknik casting, prtsms perhatikan kondisi permukaan kolam bila kebanyakan tenggakan dikolamnya menggunakan umpan minnow aja udah cukup karena itu bermakna ikan bawalnya banyak naik ke permukaan. Namun bila tenggakannya jarang sebaiknya menggunakan spoon atau deep diver minnow ikan sedang di dasar kolam. Spoon ataupun minow yang cocok adalah ukuran 3cm hingga 5cm. Perhatikan kualitas hooks yang terpasang baik di minnow maupun pada spoon kalian, bila hooknya terlalu murahan ganti aja dengan yang lebih baik supaya tidak lempeng ketika disambar ikan bawal.

Tips Dan Trik Mancing Ikan Bawal

Sobat hanya membutuhkan piranti kelas ringan untuk memancing ikan wabal ini seperti Joran kelas 1000, 2000, tali pancing cukup mono saja yang kelas 6lbs hingga 10lbs tambahkan leader yang berukuran 20lbs untuk nahan gigitan ikan bawal. Jika sudah lengkap pirantinya cobalah kasting hingga menjangkau area lokasi ikan, lebih baik lagi bila melewati area tersebut. Karena kolam pemancingan umumnya ramai pemancing lain maka jangan memaksakan casting jauh jauh kecuali akurasi sobat sangat baik.

Lanjut castingnya sob, setelah umpan tiruannya / minow menyentuh permukaan kolam, retrieve ( gulung ) reel dengan perlahan untuk pengguna minnow, jika makai spoon pertahankan kecepatan spoon agar tidak menyentuh dasar kolam. Bersiap siap sob karena ikan bawal akan merespon lebih cepat umpannya dari yang di bayangkan. Salah satu kelebihannya memancing ikan bawal dengan umpan tiruan adalah ikan yang yambar rata-rata berukuran besar  dibanding umpan mancing tradisional.

Sekian Tips Dan Trik Mancing Ikan Bawal ini semoga ada manfaat yang bisa sobat angler sekalian dapatkan, sampai jumpa di artikel lainnya. salam.
loading...