Mengenal Manfaat Ikan Gabus

Mengenal Manfaat Ikan Gabus : Sobat angler sekalian taukah kalian ikan gabus ? tentunya tau ya karena ikan ini ada hampir ada di seluruh negri hanya saja nama panggilannya yang berbeda. Ikan gabus memiliki beberapa nama panggilan seperti Bocek, Kocolon, Aruan, Bayong, Haruan, Kabos, Bogo, Kutuk, Licingan dan masih banyak lagi sebutan untuk nama jenis ikan predator freshwater yang satu ini, adapun dalam bahasa inggris ikan ini memiliki nama yang beragam juga seperti Snakehead Murrel, Common Snakehead, Striped Snakehead, Chevron Snakehead dan lain sebagainya. Untuknya ikan gabus ini memiliki 1 nama ilmiah yaitu Channa Striata dan termasuk ikan carnivora.

Nah setelah mengetahui nama nama lainnya dari ikan gabus ini, sesuai dengan judul artikel yang admin Kepri Fishing Club buat maka akan kita lanjutkan dengan informasi manfaat ikan gabus untuk kesehatan kita, monggo langsung saja kita bahas ya.!

Sobat angler sekalian taukah kalian kalau ikan gabus itu banyak mengandung chana albumin dan juga asam amino esencial yang lengkap ? oleh karena itulah ikan ini sejak dulu kala sudah di yakini dapat dengan cepat membantu penyembuhan terhadap luka terutama pada orang yang selesai operasi dan juga habis melahirkan. Pada lingkungan yang baik ikan gabus ini mampu tumbuh besar sampai panjang 1 meter. Baca juga 9 Tips Jitu Mancing Ikan Lele dan Ganco atau Gancu Ikan.

Mengenal Manfaat Ikan Gabus


Dalam bidang kesehatan ikan gabus sudah menjadi salah satu sumber albumin untuk orang yang menderita penyakit hipoalbumin dan juga luka ( termasuk luka bakar ), ikan gabuspun sudah menjadi sumber pangan alternatif karena sangat mudah mendapatkannya. Di daerah pedesaan hingga sekarang masih di lakukan kebiasaan makan ikan ini setelah anak laki laki di kithan atau di sunat dengan penyajian ikan di kukus atau di steam.

Pada tahun 2003 Prof Dr Ir Eddy Suprayitno MS adalah seorang guru besar pada ilmu biokimia ikan di Fakultas Perikanan Unibraw yang dalam penelitiannya di beri judul Albumin Ikan Gabus ( Ophiochepalus striatus ) Sebagai Makanan Fungsional Mengatasi Permasalahan Gizi Masa Depan, ia mengupas tuntas potensi ikan yang satu ini. Kandungan asam amino yang terdapat pada ikan ini strukturnya lebih lengkap kalau di banding jenis ikan yang lain.

Lalu bagaimana sih ikan gabus itu memiliki berperan penting dalam menambah albumin di tubuh kita? albumin adalah termasuk fraksi protein yang di sintesis hati sekitar 100 hingga 200 mikrogram / g pada jaringan hati kita setiap harinya. Albumin ini di distribusi dengan cara vaskuler ke dalam plasma dan ekstravaskuler ke dalam otot, kulit, juga beberapa jaringan yang lainnya. Gangguan albumin umumnya pada orang yang mengidap penyakit ginjal yang kronis, penyakit hati juga pada orang yang kekurangan gizi. Daging ikan haruan ini  bukan saja sebagai sumber protein namun juga sebagai sumber mineral yang lainnya seperti trace dan zing. Hasil studi Prof Dr Ir Eddy Suprayitno MS ini di uji coba pada instalasi gizi RSU dr Saiful Anwar Malang. Pasien pasca operasi yang memiliki kadar albumin sangat rendah sekitar 1,8 g / dl diberikan 2kg ikan gabus yang telah di masak setiap harinya kadar albumin darah pasien tersebut menjadi kembali normal yaitu 3,5 hingga 5,5 g / dl.

Sobat angler mania sekalian, begitulah informasi singkat tentang Mengenal Manfaat Ikan Gabus semoga berguna dan bermanfaat untuk kita semua, share dan bagikan artikel ini untuk membantu memberitahukan kepada yang lainnya. terimakasih, silahkan baca artikel selanjutnya tentang Tips Cara Mancing Ikan Gabus.

loading...