Serba Serbi Umpan Popper

Serba Serbi Umpan Popper : Popper adalah jenis Lure buatan yang pada umumnya di buat dengan bahan dasar fiber dan juga kayu, adapun bentuk dan jenis popper ini sangatlah beragam hanya saja tetap memiliki ciri khusus yaitu pada bagian mulut umpan popper ini terdapat lekukan kedalam yang melebar seperti mulut ikan yang menganga. Kondisi ini memiliki fungsi utama untuk membentuk percikan air yang seolah olah seperti seekor ikan yang menggelepar dan menggoda ikan predator untuk memangsanya.

Seperti yang sobat angler sekalian ketahui umpan popper adalah umpan yang di gunakan untuk memancing dengan teknik popping, adapun berntuknya ada yang mirip dengan botol atau mirip pisang bahkan ada yang seperti ikan. Bahan fiber untuk pembuatan popper biasanya di produksi oleh pabrikan walau tidak menutup kemungkinan di produksi juga oleh perorangan. Pembuatan popper ini paling banyak menggunakan bahan dari kayu seperti kayu cemara atau pinus bahkan kayu jati.

Serba Serbi Umpan Popper

Menghasilkan popper dari jenis kayu kayu ringan emanglah mudah dan cepat dalam pembuatannya namun menurut admin kurang bagus karena akan menghasilkan popper yang ringan dan mengambang di air juga cepat rusak, bila sobat angler ingin membuat popper sebaiknya pergunakanlah kayu yang keras dan kuat seperti kayu jati,meranti atau kayu besi ( semakin keras dan kuat kayunya akan semakin baik ), dengan bahan kayu yang keras dan kuat maka popper yang di hasilkan pun akan semakin baik.

Bila sobat angler ingin membuat popper sendiri buatlah poppernya menarik baik dari bentuk, motif warna semirip mungkin dengan ikan hidup, karena tujuannya untuk mengelabui ikan predator kalau umpan kita itu adalah mangsanya sehingga tertarik untuk memangsa. Bila perlu berilah hologram pada popper tersebut karena hologram membuat tampilan umpan popper jadi bagus dari pada yang biasa karena akan terkesan lebih hidup, dengan memasang hologram popper sobat akan lebih baik dalam memantulkan cahaya dalam air sehingga sang predator akan lebih cepat mengesan umpan dan tertarik untuk mendekati. Mata kail pada umpan popper ini umumnya dipasang pada bagian ekor dan tengah bodi dengan memakai kawat baja atau treble hook. Jangan lupa baca juga Mengenal Manfaat Ikan Gabus dan Tips Cara Mancing Ikan Gabus.

Umpan Popper Dan Karakteristiknya

Karakteristik pada umpan popper ini adalah mengapung dan saat umpan di tarik akan mengeluarkan suara yang berisik sehingga mengganggu ikan predator yang menguasai teritorial tempat terebut, jika pada lokasi spot mancing itu ada predatornya niscaya umpan akan di sambar oleh sang predator, hal ini karena ikan pemangsa tersebut mengira sang umpan adalah santapannya dan bila sang pemangsa kekenyangan maka kemungkinannya ia akan tetap menyambar umpan popper ini karena ia merasa ada penyusup di lokasi teritorialnya tersebut.

Cara Penggunaan Umpan Popper

Penggunaan popper sangat mudah cukup melemparkannya pada target lokasi lalu menggulung reel atau menariknya dengan cara di sentak, perlakuan ini untuk membuat umpan popper menghasilkan percikan air dan suara berisik yang akan menggoda / mengganggu pemangsa sekitar spot tersebut.

Jenis Jenis Popper


Umpan popper memiliki 2 jenis tipe yaitu seperti berikut ini:
  1. Tipe Chugger spesifikasinya bentuk pada mulut lebih besar mirip cawan / mangkok. Ketika di mainkan umpan popper jenis ini akan menghasilkan bunyi suara Pop..pop..pop dan percikan air yang sangat besar. Sangat cocok di gunakan pada air yang tenang percikannya akan terlihat baik hanya saja upan popper jenis ini lebih berat ketika di mainkan, hal ini terjadi karena efek mulut yang mirip cawan akan menahan air ke depan.
  2. Tipe Swimmer spesifikasinya bentuk pada mulut lebih kecil dan rata biasanya di juluki sebagai swimmer karena aksi dari popper yang satu ini beragam ada yang zig zag ada juga yang naik turun bahkan ada yang hanya lurus saja ketika di tarik, hal ini bergantung dari bentuk dan cara kita memainkannya. Umpan popper jenis ini sangat cocok pada kondisi air yang beriak atau berombak. 

Jenis Jenis Popper

Ukuran Popper

Ukuran pada popper memiliki banyak ragamnya bergantung dari piranti lain yang kita pakai, umumnya popper memiliki ukuran berat sebagai berikut 50 gr, 80 gr, 100 gr,  150 gr sedangkan untuk panjangnya juga variatif ada yang 5cm hingga 20cm.

Demikianlah informasi singkat tentang Serba Serbi Umpan Popper  semoga berguna dan dapat di ambil manfaatnya bagi sobat angler sekalian, silahkan bagikan artikel ini pada pancinger lainnya agar mereka juga mendapatkan informasi ini. terimakasih.
loading...