6 Teknik Mancing Di Laut Dan Istilahnya

Berikut ini akan kami paparkan 6 Teknik Mancing Di Laut dan Istilahnya untuk para engler sekalian.

1. MANCING DASAR ( Bottom Fishing )

Memancing model ini adalah mata kail berada di dasar laut dengan menggunakan pemberat atau bandul untuk mendapatkan ikan yang biasanya Kakap Merah, Kuwe, Krapu, dan jenis ikan dasar lainnya. namun terkadang ikan Tenggiri dan alu ( Barracuda ) juga bisa dipancing dengan cara ini karena karakter jenis dua ikan ini menyambar umpan yang sedang melayang kedasar.

2. KONCER (LIVE BAIT)

Cara mancing teknik koncer ini sedikit lain karena tidak menggunakan timah/ pemberat, jadi kenur utama dipasang kili-kili peniti lalu kawat nikelin ( seling ) sepanjang 10an cm baru di ujungnya di beri mata kail. Umpannya menggunakan umpan hidup ( Live Bait ) seperti : selar, kembung, atau ikan ikan kecil lainnya bahkan baby barracuda juga bisa di jadikan umpan.

Umpan dibiarkan berenang menjauhi lokasi pemancing, sambil menunggu ikan pamangsa, seperti Tenggiri dan Barracuda ( alu ) menyambar umpan hidup tadi.

Lebih joss lagi gunakan balon atau pelampung agar ikan tidak berenang ke dasar laut, sehingga ikan selalua berada di permukaan di kedalaman 1-2m dari permukaan.

3. TONDA (TROLLING)

Teknik memancing model begini menggunakan boat atau kapal yang selalu bergerak dengan kecepatan 5 - 7 knot dengan umpan buatan sepeerti rapala, king getter, spoon, dsb. Jarak umpan dari kapal sekitar 20-50m tergantung dari jenis umpannya. Sasaran ikan yang di buru adalah jenis ikan predator besar seperti marlin layaran namun tenggiri dan barakuda terkadang juga menyambar umpan dengan teknik memancing model troling ini.

4. CASTING

Teknik ini lebih seringnya dilakukan dari pinggiran laut, seperti dermaga, pantai dengan struktur batuan, bahkan diatas kapal yang sedang berhenti / jalan dengan pelan. Umpan yang digunakan adalah umpan tiruan ( minow ), dengan berat berkisar 7-20gram. Cara melakukan teknik ini adalah umpan dilempar sejauh mungkin, kemudian reel digulung dengan cepat. Dan hal ini dilakukan berulang-ulang sampai ikan menyambar karena terusik atau tertarik dengan gerakan umpan yang kita campak. kalau ga ada yang nyambar berarti ga ada ikan predatornya di sekitar lokasi tersebut atau bisa jadi teknik yang di gunakan salah :-p
Teknik casting ini bisa juga di gunakan untuk memancing cumi dengan umpan udang tiruan.

5. JIGGING / POPING

Tehnik poping ini tidak jauh beda dengan casting hanya saja umpan tiruan yang di gunakan sedikit lebih berat dan besar yang biasa di sebut poper. Sedangkan Jigging menggunakan umpan dari bahan logam yang biasa di sebut metal jig dan tekniknya umpan di biarkan tenggelam sampai ke dasar laut lalu reel di gulung dengan cepat untuk mengganggu / menggoda ikan predator agar menyambar umpan tersebut.

6. Mancing GARONG ( candit )

Model pancing ini terdiri dari 4, 5, atau 6 rangkaian mata pancing jadi satu berbentuk matahari, menggunakan joran TEGEK, sepanjang 4-6 meter. Target ikan adalah keluarga RABBIT FISH, seperti Baronang, Botana, dan terkadang juga ikan Kakak Tua.
Tehnik ini sangat unik karena harus menyentak dengan kuat tali senar agar mata pancing dapat tertancap pada target ikan dan mata pancing tidak selalu nancap di mulut ikan, terkadang di pipi, punggung, bahkan ekor. oleh karena itu teknik ini di sebut garong ( candit )

Semoga artikel 6 Teknik Mancing Di Laut Dan Istilahnya ini dapat memberikan pengetahuan buat para angler sekalian dan mohon maaf bila ada kesalahan penyampaian. semoga saja ada yang memberikan pembenaran dengan mengomentari artikel ini. terimakasih dan sampai jumpa lagi.
6 Teknik Mancing Di Laut
Artikel yang lalu.!
loading...