Kancing atau Snap atau Klip

Beberapa saat lalu kita membahas tentang Kili Kili Atau Swivel nah sekarang ada satu lagi alat yang lumayan penting saat memancing adalah Kancing atau Snap atau Klip yang sering digunakan sebagai penyambung antara tali perambut dengan tali induk / utama, tali induk/ utama dengan umpan tiruan ( minow ) atau hanya sebagai penyambung tali keselamatan yang digunakan untuk mengikat joran ke boat agar joran tidak tertarik ke air saat menonda atau saat umpan di makan ikan.
Ada banyak jenis Kancing atau Snap yang di jual dan begitu juga Kili Kili atau Swivel. Kedua barang ini ada yang dijual terpisah ada juga yang dijual  satu set dengan nama "Snap Swivel". Berikut ini jenis jenis dari kancing atau snap atau klip yang banyak di gunakan oleh para angler sekalian:

1. Snap

Kancing atau Snap atau Klip

Snap atau klip guna utamanya untuk penyambung antara tali induk/utama dengan umpan tiruan (Lure) atau tali induk / utama ke tali perambut agar mudah saat gonta ganti model teknik pancingnya. Snap atau klip ini disambung dari tali induk/utama dengan ikatan (knot) ke cincin (split ring) atau lingkaran besi yang ada di umpan tiruan ( lure ). ( line - tie loop of the lure ).

2. Lure

Kancing atau Snap atau Klip

Kebanyakan "Lure" atau umpan tiruan seperti Spoon dan "Plugs" tidak memerlukan "swivel" atau kili kili. Umpan tiruanan dari jenis ini lebih berfungsi disambung hanya dengan "snap" atau kancing atau klip.

Kelebihan penggunaan klip pada umpan tiruan yang disebut di atas tadi adalah :
  1. pergerakan aksi umpan akan lebih mudah dan lincah
  2. Memudahkan para angler untuk gonta ganti umpan tanpa harus mengikat ( change lure without having to retie the knot) apa lagi bila menggunakan tali induk yang halus.
Bila memancing menggunakan teknik trolling atau memakai lure yang berputar (spin) atau bergolek (roll), maka dianjurkan menggunakan "snap swivel" agar tali induk tidak kusut atau melintir.
Sangat banyak jenis kancing atau snap atau klip yang di jual jadi kita haruslah pandai dalam memilih klip mana yang cocok untuk di pakai. Contoh: bila sobat menggunakan tali induk dengan kekuatan 30 lb dan klipnya hanya 15 lb, maka bila mendapatkan ikan yang besar ada kemungkinan sebelum tali induk putus klip akan lebih dulu menganga atau terbuka maka lepaslah ikan yang besar tadi. Jadi sangat penting untuk memilih kekuatan klip yang sesuai atau lebih dari tali induk.

Jenis-Jenis Klip
Ada beberapa jenis klip yang dijual untuk pemancing jadi akan admin coba untuk mengulas dengan kegunaannya yang tepat.

Safety "Snap"

Kancing atau Snap atau Klip

Jenis yang popular digunakan oleh para angler cocok digunakan di air tawar dan pinggiran pantai. klip jenis ini tidak memiliki sifat mengunci kerana pinnya hanya disematkan pada lengkungan pengunci. model klip yang satu ini adalah yang paling lemah bila di bandingkan dengan yang lain, tidak cocok untuk memancing ikan besar yang ganas.

Interlock "Snap"

Kancing atau Snap atau Klip

Jenis ini kurang lebih sama dengan yang di atas hanya saja jenis ini banyak di gunakan para angler untuk yang menggunakan umpan tiruan. Daya tahan klip ini sedikit lebih kuat, kekuatannya kerana tangkal dikunci melewati bibir klip dan harganya juga lumayan.

Duolock"Snap"

Kancing atau Snap atau Klip

Jenis ini adalah yang terkuat untuk digunakan memancing di lokasi air tawar juga amat cocok untuk area tepian pantai. sangat baik digunakan untuk sambungan umpan tiruan (lure). memiliki 2 tempat untuk membuka dan mengunci dan dapat diubah menurut kegunaannya serta sesuka selera pemancing. untuk harga tidak begitu mahal klip jenis ini bisa didapat dalam kategori "light" ke "medium duty".

Crosslock"Snap"

Kancing atau Snap atau Klip

Klip jenis ini agak kuat dan cocok untuk digunaan di laut, memiliki 2 tempat untuk membuka dan mengunci dan bisa di ubah menurut selera pemancing. Harganya agak mahal dan bisa didapat dalam kategori "light hingga heavy duty". cocok untuk di laut dan air tawar.

Coastlock "Snap"

Kancing atau Snap atau Klip

Jenis ini digunakan khusus untuk dilaut dan hanya ada satu kunci buka tutup. sangat terkenal oleh para pemancing yang biasa mengikuti pertandingan besar karena daya ketahanan yang kuat. Untuk harga lumayan mahal  namun emang cocok dengan kegunaannya. dijual menurut berat tekanan diantara 20 lb hingga 400 lb.

Mcmahon "Snap"

Kancing atau Snap atau Klip

Klip jenis ini adalah yang terkuat dari semua jenis klip yang digunakan untuk "heavy duty". Sangat disuka oleh para pemancing yang selalu memancing "Big Game' cocok di gunakan di laut, harganya mahal dan dijual dengan perhitungan tekanaan diantara 20 lb sampai 1000 lb.

Sekian dulu artikel Kancing atau Snap atau Klip ini admin sampaikan semoga dapat memberikan pengetahuan buat para sobat angler sekalian, sampai jumpa lagi lain waktu dengan Kepri Fishing Club dengan artikel menarik lainnya.
loading...