Kili Kili Atau Swivel

Kili Kili Atau Swivel : Cerita sahabat KFC saat mancing di jembatan dompak ia berkata tali pancing miliknya selalu menggulung alias melintir seperti akan kusut dan terkadangpun kusut alhasil dia lebih banyak memperbaiki tali pancingnya ketimbang melakukan hal memancing. Bila tali pancing sudah kusut ya terpaksalah harus di potong karena tidak bisa di pergunakan lagi. Beliaupun bertanya pada admin hal itu terjadi karena apa. Dengan enteng admin menjawab itu karena ente tidak menggunakan Kili Kili Atau Swivel kalaupun menggunakannya pastilah tidak cocok untuk ukuran senarnya

Agar lebih cocok memilih dan menggunakan kili kili silahkan sobat angler sekalian baca artikel di bawah ini untuk jadi referensi penggunaannya, namun sebelum itu jangan lupa baca juga artikel sebelumnya Ragam Senar Atau Tali Pancing biar lebih joss lagi untuk memadukan peralatan sobat.

Aneka jenis Kili Kili Atau Swivel
Ada 4 jenis kili kili dipasaran yang di pergunakan oleh para pemancing dengan setiap jenis nya memiliki ciri-ciri tersendiri.

a. Barrel swivel

Kili Kili Atau Swivel

Jenis ini yang paling popular di pakai para angler mania. Ada 2 macam kili kili jenis ini yaitu jenis lurus ("straight") dan jenis "twisted eye". Kili kili jenis ini ada yang berwarna kilat (Chrome) atau hitam (brass). Harganya murah oleh karena itu kili kili jenis ini tidak cocok untuk di gunakan memancing dengan teknik trolling ( tonda ) atau untuk bertarung dengan ikan yang berat dan besar karena daya tahan kili kili jenis ini hanya diperuntukkan memancing ikan dengan ukuran kecil dan sedang dengan kata lain sangat cocok untuk memancing dengan teknik mancing dasar, "bottom" atau pun "casting" dengan target ikan yang sederhana besarnya.

b. Ball bearing swivel

Kili Kili Atau Swivel

Jenis ini yang sangat kuat sekali dan sangat cocok untuk digunakan dengan teknik tonda (Trolling) untuk memancing ikan yang besar dan garang. Ada 2 tipe warna sama dengan barrel swivel di atas. Harganya 3 s/d 4 kali lipat dari jenis 'barrel swivel'. Kili kili ini mempunyai goli goli (ball bearing) didalamnya dan akan berputar dengan baik.

c. Chain swivel

Kili Kili Atau Swivel

Jenis ini cocok untuk menonda (trolling) dan mempunyai rangkaian 'barrel' yang berarti akan berputar apabila digunakan dengan daya tahan yang kuat juga. Juga memiliki 2 jenis model warna. Kili kili ini tidak cocok digunakan dengan teknik dasar karena ada kemungkinan senar akan terbelit di situ.

d.Three-way swivel

Kili Kili Atau Swivel

Jenis kili kili ini mempunyai 3 arah yang diikat pada cincin pada jarak yang sama. Kegunaannya adalah untuk memisahkan umpan dari pemberat atau bandul . 'Swivel dari jenis ini sangat lemah dan seringnya tidak berputar yang menyebabkan senar berbelit. Biasanya kili kili jenis ini digunakan untuk teknik mancing dasar.

e. Snap swivel

Kili Kili Atau Swivel

Ini adalah jenis kili kili yang di padukan dengan klip untuk mempermudah dalam melepas dan mengganti baik itu bandul maupun tali pancing, penyambung antara tali induk dan perambut. Sekian artikel singkat Kili Kili Atau Swivel ini di buat untuk menjadi tambahan pengetahuan kita semua para angler Kepri Fishing Club.
loading...