Ragam Senar Atau Tali Pancing

Ragam Senar Atau Tali Pancing saat ini memang sangat banyak oleh karena itu ada baik nya sobat angler mengetahui metode dasar memilih tali pancing. Pemilihan tali pancing yang tepat dan benar dapat mempengaruhi hasil pancingan. Banyak jenis senar pancing yang di jual. Berikut ini sedikit infonya dari KFC :

Dalam sekala besar ada 2 jenis senar pancing  yaitu main line dan hook line. Penggunaannya disesuaikan dengan tujuan kita ingin mencari ikan besar atau kecil.



Ragam Senar Atau Tali Pancing


Ragam Tali Pancing


  • Monofilament 
Jenis tali dengan serabut (filament) tunggal, terbuat dari bahan nylon. Monofilament di bagi pula menjadi 3 jenis yaitu:

  1. Nylon Homo-Polymer, ini merupakan generasi pertama jenis nylon yang dibuat dari bahan nylon 6. Jenis ini masih diproduksi dan digunakan hingga sekarang kerana harganya murah meriah.
  2. Nylon Co-Polymer, ini adalah jenis senar yang lebih disempurnakan untuk mengatasi kekurangan pada nylon homopolymer. Dengan kerenggangan yang kecil, lebih lentur dan kekuatannya lebih dari jenis nylon homo-polymer. Senar yang satu ini percampuran dari 2 jenis bahan nylon 6 dan nylon 66. Dan jenis nylon ini terbagi lagi menjadi:

Extra Strength
Better Abrasion Resistance

  • SofterFluoro Carbon 

Jenis ini dibuat untuk mengatasi kelemahan senar berbahan nylon, dibuat dari bahan polyvinyledene fluoride (PVDF).

Kelebihan senar ini adalah :
Indeks bias (Reflexion Index) senar berbahan polyvinyledene fluoride hampir menyamai index bias air sehingga hampir tidak tampak bila di dalam air, dan lagi senar ini akan lebih cepat tenggelam didalam air bila dibandingkan dengan senar berbahan nylon. Jenis ini tidak banyak menyerap air, sehingga dalam keadaan basah atau kering sifatnya tidak banyak berubah atau lebih solid. Lebih tahan terhadap radiasi ultra violet.

Kekurangannya adalah :
Tenacity (kekuatan tanpa dipengaruhi diameter) carbon lebih kecil dibandingkan nylon,pada ukuran diameter yang sama jenis nylon lebih kuat dibandingkan dengan fluoro carbon. Kelenturan fluoro carbonpun sangat kurang bila dibandingkan dengan nylon.
Perbandingan kekuatan ikat terhadap kekuatan linear oleh jenis fluoro carbon hanya 60%, dibandingkan dengan jenis nylon yang antara 70% hingga 80%. Harga jenis fluoro carbon jauh lebih mahal dibandingkan dari jenis nylon. Multifilament adalah jenis dengan banyak serabut/filament. Permukaan jenis ini kasar, tidak sehalus dengan bahan nylon.


Braided adalah jenis senar yang banyak serabut dan mirip jalinan rambut. Dibuat dari bahan plyethylene (PE) yang disebut Dyneema. Jenis ini sangat baik karena tingkat keregangannya sangat rendah, kekuatannya lebih baik, menyerap air dan tidak transparansi.

Itulah sedikit info tentang senar pancing dari admin dan sobat juga harus tau sejarah tentang mata kail, kalau belum tau silahkan di baca di Mata Kail Dahulu Dan Sekarang.

Sekian dulu artikel Ragam Senar Atau Tali Pancing dari Kepri Fishing Club semoga bermanfaat, salam Fish On salam Hook Up dan salam Strike dari kami buat sobat angler sekalian. babay.
loading...