Black Bass Tips Dan Trik Memancingnya

Ikan Kakap Hitam atau biasa di panggil oleh para angler mania sebagai Black Bass dan sebagian masyarakat Indonesia terutama suku bugis menyebutnya Bale Raja dan Tembiring di sebagian daerah lainnya. Ikan ini termasuk yang paling diincar oleh para angler mania karena sensasi fight yang di berikan oleh Black Bas ini sangat istimewa dan lagi ikan ini tergolong sulit untuk di dapatkan baik itu dari segi spotnya maupun teknik mancingannya. Black Bass lamban dalam hal berkembang biak sehingga dikhawatirkan ikan ini akan menjadi langka karena terlalu banyak peminatnya sementara untuk perkembang biakannya masih sangat sedikit yang bisa di lakukan, oleh karena itu saran admin Kepri Fishing Club ( KFC ) bila sobat angler sekalian mendapatkan ikan ini dalam ukuran yang masih tergolong kecil harap menggunakan sistim Catch And Release demi menjaga kelestariannya.

Ikan Black Bass masih tergolong Manggrove Jack ini dikarenakan habitatnya didaerah mangrove atau air payau tapi terkadang sulit hidup pada cuaca ekstrim sehingga biarpun satu kawasan memiki banyak mangrove Black Bass belum tentu ada karena ikan ini sulit beradaptasi pada lingkungan yang berubah ubah. Ikan ini sulit ditemui pada daerah yang curah hujannya tinggi karena ia sensitive pada perubahan air. Ikan ini adalah predator yang menunggu mangsa bukan pencari mangsa seperti predator lain ( mirip seperti ikan kerapu ) yang hidupnya menyendiri tidak berkelompok.

Black Bass Tips Dan Trik Memancingnya
Ikan Black bass memiliki struktur bentuk kurang lebih sama dengan mangrove jack, ikan kakap merah ataupun kakap batu yang berbeda hanya corak warnanya. Corak warna yang dominan pada ikan ini adalah hitam dengan garis putih.

Bagi sobat yang ingin mengetahui Tips Dan Trik Memancing ikan ini silahkan lanjut membaca artikel tambahan di bawah ini ini

Black Bass Tips Dan Trik Memancingnya

Piranti Dan Teknik Mancing:
Persiapkan Piranti untuk Teknik Mancing yang akan sobat gunakan.! ikan ini bisa di pancing menggunakan teknik Ngoncer, Rawai dan paling efektif dengan teknik Sow Trolling. Anak ikan atau udang adalah umpan yang bisa di gunakan sedangkan untuk trolling paling efektif menggunakan warna lure yang bercorak dengan ukuran sedang.

Waktu Dan Tempat:
Kawasan berbakau atau lokasi air payau belum tentu ada Black Bass maka yang wajib di perhatikan adalah sungai atau anak sungai yang jarang di pancing ( biasanya di pedalaman hutan seperti di berau kalimantan timur ). Jumlah curah hujan didaerah tersebut relative normal ( tanda spot adanya ikan black bass).
Warna air relative normal kejernihannya karena ikan ini tidak suka air yang dominan kejernihan seperti kejernihan air laut dan juga tidak menyukai air keruh seperi air sungai yang tawar, ikan ini senanya adalah spot air payau percampuran air laut dan sungai hingga berwarna coklat namun jernih. Rencankan hari yang tepat untuk berburu ikan ini setidaknya 2 atau 3 hari sebelum berburu tidak ada hujan di daerah tersebut.

Faktor pendukung lainnya adalah pasang surut air, usahakan di waktu pelaksanaan air tidak dalam kondisi pasang besar dan saat surut tidak pada mata konda atau istilah lainnya air disaat gila - gila karena akan berpengaruh pada gerak ikan dan warna air.

Demikianlah ulasan singkat tentang Black Bass Tips Dan Trik Memancingnya ini semoga dapat menjadi tambahan pengetahuan sobat angler sekalian dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya. salam.

Jangan lupa juga untuk membaca artikel yang lalu tentang:  Tips Dan Trik Mancing Ikan Kakap
loading...