Macam Macam Empang Pemancingan

Empang dalam bahasa indonesia artinya kurang lebih adalah penahan air nah secara harafiah empang itu adalah kolam air. Karena kolam yang berisi air dan ada kandungan ikannya lalu di peruntukan sebagai sarana pemancingan maka empangpun dapat di bagi lagi menjadi beberapa katagori. Untuk itulah postingan artikel kali ini sob yaitu Macam Macam Empang Pemancingan.

Macam Macam Empang Pemancingan


Empang Pemancingan di Bagi Menjadi 5 Jenis yaitu:

1. Model Empang Harian

Empang ini biasanya para angler mania membayar harga sewa lapak beserta ikannya baru setelah itu bisa memancing di lapak tersebut. Memancing harian bisa dilakukan saban hari bahkan ada yang buka hingga 24 jam.

2. Model Empang Kiloan
Dinamakan demikian karena sistimnya membayar sejumlah harga hasil tangkapan yang di dapat jadi kalau ga dapat ya ga perlu bayar sewa lapaknya asikkan?

3.Model Eampang Borongan
Tipe empang yang satu ini sedikit berbeda sob karena sistimnya tawar menawar harga isi ikan yang ada di empang atau kesesuaian harga antara pemancing dan pemilik empangnya, bila sudah di dapatkan kesepakatan harga barulah bisa di laksanakan kegiatan memancing.

4. Model Empang Lomba

Empang yang satu ini di peruntukan bagi perlombaan sesama angler yang hadiahnya di sediakan oleh penyelenggara dan tidak jarang penyelenggaranya itu adalah pemilik empangnya sendiri. Disini para angler mempertunjukan ke ahlianya dalam memancing tanpa mengurangi keakraban sesama angler yang lain. Terlebih dahulu penyelenggara mengisikan sejumlah ikan pada empangnya dan juga hadiah untuk pemenang, adapun kriteria pemenang berdasarkan hasil terberat per ekor yang didapat. Untuk waktu biasanya pada hari libur pemilik empang sering mengadakan acara ini.

5. Model Empang Galatama

Empang dengan sistim galatama adalah diperuntukan bagi sobat angler yang benar - benar ingin mengasah ke aliannya dalam memancing ikan, karena pada empang galatama ini hasil yang di dapat tidak untuk dibawa pulang seperti sistim empang yang lain. Pada empang ini ikan yang di sebar sangatlah banyak dan penyelenggaraannya hampir setiap hari karena ada hadiahnya maka empang ini bersifat perlombaan. Adapun hadiahnya berupa uang dan jumlahnya tergantung dari banyaknya jumlah peserta yang mengikuti perlombaan tersebut setelah dikurangi hak panitia pelaksana atau pemilik empang. Kriteria pemenangnya berdasarkan musyawarah kesepakatan bersama. Umumnya sih juara galatama ini berdasarkan kriteria ikan terberat per ekornya atau total berat perolehan keseluruhan ikan yang di dapat. Setiap harinya pelaksanaan lomba terbagi pada beberapa ronde atau babak lamanya berkisar 2jam hingga 2,5jam perbabak. Setiap babaknya ditentukan sang juara dan ikan yang didapat dilepaskan kembali setelah dilakukan penimbangan.
Namun ada beberapa aturan empang galatama sedikit berbeda dalam perlombaannya seperti peserta tidak boleh memakai rangkaian berpelampung, memakai umpan hidup ( cacing dan kroto ) dan juga beberapa aturan lain yang berbeda di setiap penyelenggaraan mancing galatama. Istileh mancing galatama ini pada beberapa daerah disebut Gaplean yang sistimnya hampir sama saja.

Demikianlah informasi singkat Macam Macam Empang Pemancingan yang sebaiknya sobat angler sekalian ketahui. Sebelum artikel ini di akhiri admin Kepri Fishing Club ( KFC ) dengan tidak bosan bosannya untuk mengingatkan kembali tentang artikel sebelumnya yang telah admin posting yaitu Tips Dan Trik Mencari Spot Mancing Potensial selamat membaca dan menambah pengetahuan seputar hobi memancing. salam.
loading...