Tips Memilih Joran Untuk Mancing

Tips Memilih Joran Untuk Mancing : Joran adalah salah satu piranti yang penting dalam melakukan kegiatan memancing baik itu di fresh water maupun di laut. Kebanyakan para angler pemula belum bisa membedakan dalam penggunaan joran pancing, untuk itu Kepri Fishing Club akan memberikan informasi dalam pemilihan joran untuk kegiatan mancing dan lokasi tertentu, Silahkan di simak baik baik.

Pada dasarnya piranti atau peralatan yang di gunakan untuk memancing baik itu di Laut maupun di sungai atau kolam/empang adalah sama.hanya saja khusus untuk lokasi mancing laut peralatan atau pirantinya sedikit berbeda dari segi spesifikasi, hal ini terjadi karena karakter bertarung ikan laut dan air tawar sangat berbeda. Ok sebelum kita lanjutkan, sekedar untuk mengingatkan sobat angler sekalian tentang artikel yang lalu adalah Resep Umpan Mancing Air Tawar dan Tips Membuat Lure Umpan Buatan Sendiri.

Jenis Joran

Jenis Joran

Joran memiliki beberapa jenis seperti untuk di laut jenis jorannya berbentuk Patahan atau istilahnya Schock. Terdari dari 2 bagian dengan panjang yang bervariasi sesuai keinginan, ada yang panjangnya 180cm, hingga 210cm bahkan ada yag lebih, adapun untuk harga biasanya lebih mahal dari pada joran untuk air tawar atau fresh water karena faktor bahan pembuat joran itu sendiri .  Adapun jenis joran untuk fresh water atau air tawar banyak yang menggunakan berbentuk seperti antenna tv jadul yang dapat di tarik keluar dan masuk terdiri dari beberapa ruas. Panjang jenis joran untuk air tawar biasanya mulai dari 2 m hingga 3,6 m dan dapat di ringkas menjadi kira kira 60cm saja, dan harganyapun lebih murah dari joran untuk air laut. 

Salah dala memilih joran pancing akan berakibat tidak menyenangkan saat memancing seperti joran patah, tidak nyaman untuk di pegang terlalu panjang atau terlalu pendek dan masih banyak lagi akibat yang kurang baik dalam kesalahan pemilihan joran, oleh karena itu berikut ini tips dalam memilih joran
  • Lokasi Spot Mancing : Bila akan memancing di laut sebaiknya memilih joran yang biasa tergabung dengan reel didalamnya atau bisa di variasi secara terpisah. Karena lokasi mancing di laut membutuhkan senar yang cukup panjang selain dalam juga saat bertarung dengan ikan. Namun bila lokasi memancingnya di sungai dangkal atau kolam pancing cukup menggunakan joran yang jenis batangan dengan senar secukupnya, ini berguna untuk memudahkan dalam menangani joran pancing memang tidak ada aturan untuk menggunakan  joran di tempat tertentu, tapi banyak kesaksian dari para angler yang lebih senang menggunakan jenis joran batangan ini namun semuanya kembali kepada anda masing - masing.
  • Diameter joran : Pilihlah diameter joran yang sesuai dengan genggaman tangan anda karena akan sangat tidak nyaman bila di pegangan joran yang memiliki diameter lebih besar dari genggaman tangan namun bila mancing di laut dengan target ikan ikan besar jangan pula memilih yang diameternya kecil ,ini akan mengakibatkan anda kerepotan saat fight dengan ikan tersebut.
Demikianlah informasi singkat tentang Tips Memilih Joran Untuk Mancing semoga ada manfaat yang dapat sobat angler sekalian dapatkan dari artikel ini. sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.
loading...