Mengenal Ikan Escolar Atau Ikan Setan

Mengenal Ikan Escolar Atau Ikan Setan - Ikan yang memiliki habitat hidup pada umumnya di kedalaman laut lebih dari 100 meter ini memiliki nama lain yaitu ikan Gindara yang masuk kedalam species Lepidocybium Flavobrunneum.

Ikan ini juga memiliki julukan sebagai Ikan Setan memang pantas mendapatkan nama demikian karena dari penampilannya yang menyeramkan dengan warna sisik hitam kecoklatan, mata yang besar tajam menyala ketika terkena sinar dan bobot yang dapat mencapai 50 Kg lebih.

ikan Gindara Atau Escolar Ikan Setan

Monster night fish adalah julukan lain yang di dapat oleh ikan ini karena aktifitasnya yang lebih agresif di waktu malam hari, memiliki karakter pertarungan yang sangat kuat ketika terkena pancingan, berenang kesegala arah.

Termasuk target ikan idaman bagi para penggila mancing karena gesit dan kuatnya ikan ini di tambah lagi dengan kondisi habitatnya yang di laut dalam menambah keistimewaan ikan escolar sebagai ikan yang di impikan untuk dapat di pancing selain dari ikan Marlin yang terkenal dengan Jump Fight nya.

Ikan Escolar Atau Ikan Setan

Spot di Indonesia Mancing Ikan Escolar

Ikan yang tergolong kedalam ikan langka ini sangat banyak di temukan di perairan Indonesia khususnya daerah Sulawesi Selatan terutama di Kepulauan Selayar termasuk Takabonerate. Disana ikan ini mendapatkan julukan ikan Opu ( Ikan Para Raja ) atau ikan Raja Raja karena pada dahulu kala ketika para bangsawan atau raja ingin mengadakan hajatan seluruh masyarakat akan mencoba menangkap ikan ini sebagai hidangan santapan istimewa.

Manfaat Ikan Escolar

Khasiat dari daging ikan setan ini sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh kita terutama kandungan Omega 3 dan Omega 9 yang tinggi. Omega 3 merupakan sumber lemak tidak jenuh yang berguna untuk menjaga pembuluh darah, jantung, pertumbuhan sel otak, tulang dan penglihatan, sedangkan Omega 9 berkhasiat untuk meningkatkan kolesterol baik ( HDL ) dan menurunkan tekanan darah.

Mengkonsumsi ikan ini dapat meningkatkan kadar trombosit ( sel darah merah ) dengan cepat pada penderita penyakit demam berdarah dan menyembuhkan sakit Typhus dalam waktu singkat.

Menu Ikan Escolar

Pada umumnya ikan ini di santap dengan cara di bakar / panggang tapi sebenarnya akan lebih nikmat bila di masak dengan gulai kuning atau kuah kuning, namun apapun metode atau resepnya yang di pakai rasa daging ikan ini sangat lezat. Namun bila ingin mendapatkan khasiatnya secara maksimal sebaiknya di gulai sebab kalau di bakar atau di goreng akan mengurangi kadar minyak yang bermanfaat dalam daging ikan ini.

Daging Ikan Escolar

Waspada dalam menyantap menu ikan ini denga porsi yang banyak ( batas yang di anjurkan untuk di konsumsi tidak lebih dari 6 once perhari ) karena anda akan mengalami yang namanya mules, sakit perut lalu buang air besar yang rutin. Hal ini terjadi karena reaksi dari minyak ikan escolar didalam perut membongkar tumpukan lemak yang kemudian di buang melalui Bab, jadi bagi yang pengen perut buncitnya kempes perlu di coba nih menyantap daging ikan setan ini. Untuk harga jelas tergolong mahal sob karena sulit di dapat dan permintaan pasar sangat tinggi ( Hukum Ekonomi ).

Ikan Escolar atau Ikan Setan ketika lahir memiliki warna kulit yang coklat dan akan berubah coklat tua atau hitam ketika besar. Memiliki panjang hingga 2 meter dengan kondisi tubuh yang mengandung minyak sebanyak 14 hingga 25%. Hal ini terjadi karena pencernaan ikan ini tidak mampu memproses Wax Esters di dalam makanannya ( diet alami ).

Karakteristik Ikan Escolar Dalam Memakan Umpan Pancing

Cara memakan umpan ikan escolar termasuk unik, hal ini karena ia tidak akan menyambar umpan secara langsung melainkan menyedot perlahan kemudian membuangnya kembali baru setelah itu menyantap kembali dengan lebih agresif.

Nah disaat umpan yang di makan dan kail menempel di mulutnya ikan ini akan sangat menggila laksana banteng yang  mengamuk berenang kesana kemari untuk melepaskan jeratan kail. Lihat Videonya DISINI!.

Sekian informasi kali ini tentang Mengenal Ikan Escolar Atau Ikan Setan semoga berguna dan sampai jumpa lagi di kesempatan berikutnya. Salam Strike Selalu walau terkadang Boncos :-D
loading...

0 Response to "Mengenal Ikan Escolar Atau Ikan Setan"

Post a Comment

- Berkomentarlah sesuai dengan artikel yang anda baca
- No Spamming
- No Link or Live Link
- No SARA or SARU
- Trims Atas Partisipasi Sobat Angler Sekalian Dalam Berkomentar Disini