Cara Mancing Ikan Belanak

Cara Mancing Ikan Belanak : Sobat pemancing sekalian semoga kalian tetap setia mengikuti artikel kepri fishing kali ini untuk melengkapi informasi tentang ikan belanak yang mana pada dua artikel sebelumnya telah kami infokan hal tentang Mengenal Jenis Ikan Belanak dan Umpan Jitu Mancing Ikan Belanak.

Ada beberapa teknik mancing untuk mendapatkan ikan belanak, namun yang terpenting adalah mempersiapkan piranti yang cocok untuk mendapatkan ikan ini:

Cara Mancing Belanak


  1. Joran : Pilihlah jenis joran yang kaku namun ujungnya lentur ( Medium - Low Action ) agar mudah bagi kita untuk mendeteksi ketika umpan di makan oleh ikan.
  2. Senar / tali pancing : Pergunakan senar yang halus atau berukuran 0.18 - 0.22.
  3. Reel : Untuk reel terserah sobat ingin menggunakannya atau cukup joran tegek saja.
  4. Mata Pancing / Kail : Sebaiknya pergunakan mata kail yang kecil dengan ukuran 5 atau 6 atau bisa juga di sesuaikan dengan besarnya ikan belanak di spot mancingnya.
  5. Timah : timah di sini digunakan sebagai pemberat dan juga sebagai tempat meletakkan umpan dengan ukuran nomor 10 hingga 12.
Rangkaian pancing untuk memancing ikan belanak:
Siapkan 6 hingga 10 mata kail dengan ukuran yang telah di sebutkan di atas  lalu perhatikan gambar di bawah ini:
Rangkaian Pancing

Penjelasan gambar sesuai nomor :
  1. adalah bandul pemberat / timah yang juga berfungsi sebagai tempat meletakkan umpan ( perhatikan gamabar paling atas )
  2. adalah senar utama
  3. adalah rangkaian mata pancing yang di pasang yang nantinya akan di tanamkan ke dalam umpan.selesai
Di sebagian daerah ada yang menggunakan 2 joran dengan sistem modifikasi dari cara mancing di atas yaitu 1 joran untuk umpan ikan belanak dan 1 joran berikutnya untuk memancing ikan tersebut dengan teknik mancing garong, adapun rangkaiannya sebagai berikut:


Rangkaian Mancing

Penjelasan gambar di atas adalah rangkaian untuk tempat meletakkan umpan pada bandul tanpa mata kail. Ini di lakukan hanya sebagai pemancing atau agar ikan belanak tidak lari dari spot. Sedangkan rangkaian pancing untuk mendapatkan ikannya adalah seperti gambar di bawah ini.

Rangkaian Pancing Belanak

Penjelasan gambar dengan nomor
  1. adalah senar pancing
  2. bandul sebagai pemberat
  3. tempat meletakkan umpan ikan belanak
  4. umpan ikan belanak
  5. mata kail garong
Adapun sistim kerjanya rangkaian pancing ini bisa di lihat pada gambar di bawah:
Rangkaian Mancing Ikan Belanak

Penjelasan gambar ketika ikan memakan umpan maka secara tidak langsung mata kail sudah siap untuk menancap di tubuh ikan belanaknya tinggal kita sebagai pemancing yang perlu siaga menyentak joran.selesai

Bagi sobat pemancing yang maunya simple dan mudah tanpa ribet namun intensitas mendapatkan ikannya cukup tinggi bisa menggunakan botol sebagai alternatip memancing ikan belanak.

Mancing Ikan Pakai Botol

Penjelasan gambar di atas adalah cara mudah untuk mendapatkan ikan belanak berikut ini langkahnya:

Setelah sobat pemancing membuat rangkaian seperti gambar di atas siapkan tepung tepung terigu sebagai umpan ikan belanaknya. Isi botol dengan air kira kira seper empat ukuran botol lalu masukkan tepung terigu secukupnya ( sekitar setengah genggam ) aduk aduk hingga tepung tercampur lalu lemparkan botol ke spot dimana banyak terdapat ikan belanaknya. Selamat mencoba.

LIHAT VIDEO CARA MANCING IKAN BELANAK MENGGUNAKAN BOTOL



Demikianlah bagaimana Cara Mancing Ikan Belanak yang dapat kami informasikan kali ini, semoga berguna dan bermanfaat bagi sobat pemancing sekalian. Tinggalkan komentar bila ada pertanyaan dan koraksi ya, terimakasih dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.
loading...

0 Response to "Cara Mancing Ikan Belanak"

Post a Comment

- Berkomentarlah sesuai dengan artikel yang anda baca
- No Spamming
- No Link or Live Link
- No SARA or SARU
- Trims Atas Partisipasi Sobat Angler Sekalian Dalam Berkomentar Disini