Ikan Bawal Vs Ikan Piranha Persamaan Dan Perbedaannya

Ikan Bawal Vs Ikan Piranha begitulah judul artikel kita kali ini yang idenya di dapat dari group FB KepriFishingClub. Sebagai seorang pemancing kita sedikit banyaknya haruslah tau membedakan beberapa jenis ikan terutama ikan yang akan kita pancing tersebut, inilah untungnya berteman dan bersilaturahmi sesama angler jadi bisa saling mengisi ilmu masing masing dan dapat saling bertukar pikiran serta ide.

Ok mari kita langsung saja membahas apakah perbedaan dan persamaannya antara ikan bawal air tawar dengan ikan piranha?
Ikan Bawal Vs Piranha
Pertama kita lihat dari klarifikasi ilmiah antara ke dua ikan ini untuk melihat persamaan atau perbedaannya :

perbedaan piranha dan bawal

Persamaan antara ikan bawal dengan ikan piranha di lihat dari klarifikasi ilmiahnya hanya masih satu kerajaan yaitu Animalia alias kerajaan ikan sedangkan untuk familynya sendiri sudah sangat berbeda jauh nah dari sini kita dapat mengetahua kalau kedua jenis ikan ini adalah berbeda.

Mari kita lihat perbedaannya dari bentuk fisik antara Bawal vs Piranha ini:

Perbedaan Fisik Ekor Bawal Dengan Piranha

Di lihat dari bentuk ekor antara ke dua ikan ini:
Pada ikan bawal sirip ekor memiliki satu garis yang membentuk warna hitam pada ujung ekornya sedangkan pada ikan piranha terlihat dua garis hitam di pangkal dan ujung ekor.
Perbedaan Ikan Bawal Dan Piranha Dari Bentuk Tubuh
Di lihat dari bentuk tubuh:
Pada ikan bawal memiliki corak bulatan hitam hampir di sepanjang tubuhnya sedangkan ikan piranha berbentuk titik titik berwarna kelabu hampir di sepanjang badannya.

Di lihat dari perbedaan bentuk gigi antara ikan bawal dengan ikan piranha adalah, ikan bawal memiliki jenis gigi yang besar namun tidak terlalu runcing walau cukup tajam untuk memutuskan senar pancing kita sedangkan pada ikan piranha keseluruhan giginya berbentuk runcing seperti mata gergaji.

Perbedaan Bentuk Rahang ikan piranha dan bawal
Untuk bentuk moncong atau mulut ke dua ikan ini juga memiliki perbedaan yang sangat mencolok coba perhatikan pada ikan piranha antara mulut rahang bawah dengan atas posisi rawang bawahnya sedikit lebih maju kedepan atau ( jongos ) sedangkan pada ikan bawal cenderung sejajar.

Perbedaan lainnya antara ke dua jenis ikan ini adalah sebagai berikut:
Untuk ukuran tubuh maksimal ikan bawal bisa mencapai panjang 100cm lebih dengan bobot hingga 40Kg sedangkan ikan piranha maksimal panjang hanya setengahnya dari ikan bawal yaitu 50cm dngan bobot hampir 4kg

Kebiasaan makan dari ikan abwal dan ikan piranha sama sama karnivora yaitu memakan daging namun ikan bawal juga bisa memakan tumbuh tumbuhan ( Omnivora ). Untuk warna pada area perut ikan bawal akan cenderung memudar ketika bertambah besar sedangkan pada ikan piranha tetap terlihat baik sewaktu kecil atau sudah besar. Baca juga Jenis Ikan lainnya DISINI.

Nah sobat angler sekalian setelah kita mengetahui perbedaan fisik dan jenis makanan dari ke dua ikan ini dapat kita simpulkan mana yang paling mudah untuk kita pancing. Semoga saja dengan mengetahui informasi ini teman teman pemancing sekalian menjadi lebih paham dalam cara melihat dan membedakan antar 2 jenis ikan yang terlihat sama.

Sekian artikel tentang Ikan Bawal Vs Ikan Piranha Persamaan Dan Perbedaannya semoga berguna dan ada manfaat yang dapat di ambil, jangan lupa untuk membaca juga Cara Memancing Ikan Bawal, sampai jumpa lagi di lain kesempatan salam.
loading...

3 Responses to "Ikan Bawal Vs Ikan Piranha Persamaan Dan Perbedaannya"

  1. Tapi saya sering liat ikan piranha warnanya abu2 kalo udah gede.apa itu udah memudar ya,,,

    ReplyDelete
  2. Bawal itu ikan laut. Nggak ada bawal yang hidup di air tawar. Bawal air tawar itu ya piranha dan vice versa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg di laut itu bawal hitam.
      Yg di air tawar itu bawal merah.
      Cb browsing2 lg yaa 😊

      Delete

- Berkomentarlah sesuai dengan artikel yang anda baca
- No Spamming
- No Link or Live Link
- No SARA or SARU
- Trims Atas Partisipasi Sobat Angler Sekalian Dalam Berkomentar Disini