Tips Dan Trik Memilih Joran Atau Rod Untuk Casting

Dalam melakukan aktifitas memancing sebagaian orang tidak bis lepas dari yang namanya joran atau rod nah untuk itu kali ini KFC ( Kepri Fishing Club ) akan memberikan Tips Dan Trik Memilih Joran Atau Rod Untuk Casting untuk sobat angler yang masih mencari cari kira kira yang mana cocok dan pantas untuk di gunakan disaat memancing. Saat sobat angler ingin membeli joran atau rod sebaiknya perhatikan beberapa hal sebagai berikut :

Tips Dan Trik Memilih Joran Atau Rod Untuk Casting

Memilih Joran Casting Terbaik

Pertama Tama Adalah Berat Joran
Berat joran haruslah  menjadi perhatian bagi sobat angler sekalian, joran yang terbuat dari fiberglass itu kuat namun cukup berat sedangkan joran yang terbuat dari carbon lebih ringan tapi mudah patah bila dibandingkan dengan joran yang terbuat fiberglass. Untuk sobat yang hobi menggunakan teknik mancing casting harus memilih yang ringan yaitu yang terbuat dari bahan carbon agar tidak mudah lelah saat melakukan teknik mancing casting.


Yang Kedua Handle Atau Grip
Nah untuk handle atau grip pada dasarnya ada 3 macam yaitu yang pendek, sedang dan panjang. Handle joran yang pendek biasanya digunakan untuk casting dengan satu tangan atau biasa di sebut single hand casting sedangkan yang panjang untuk double-hand casting atau casting dengan 2 tangan. Untuk yang medium pada umumnya untuk single-hand casting tapi posisi ujung joran yang sedikit lebih panjang dapat digunakan untuk membantu kita menahan beban pada joran saat bertarung dengan ikan. Pada handle terdapat reel sheet atau dudukan reel. Sobat angler harus tahu dulu kira kira reel apa yang mau pakai bila ingin memakai Spinning Reel jorannya juga harus disesuaikan demikian pula bila mau pakai bait reel.

Yang Ketiga One piece Rod / Joran Casting
Joran atau rod yang hanya 1 batang sebenarnya adalah joran terbaik untuk teknik mancing casting, untuk joran yang panjangnya lebih dari 1,8 m sedikit sulit kalau kita paksakan jadi one piece jadi  untuk joran panjang akan lebih baik bila memilih yang 2 pieces untuk panjang joran kira kira 3 m atau 3 pieces untuk yang lebih panjang lagi.

Yang Keempat Fast Tapper Atau Slow Tapper
Pada umumnya joran di bagi atas dua type tapper yaitu Fast Tapper dan Slow Tapper.
Tapper adalah istilah kecepatan action joran saat merespon gerakan sobat angler ketika menghentaknya pada waktu strike atau umpan disambar ikan. Joran atau rod fast tapper cenderung sedikit lebih keras pada bagian pangkal sampai pada bagian tengahnya dan sedikit lemas/lentur di bagian ujung, sedangkan untuk yang slow tapper cenderung lebih lembut / lentur mulai dari ujung joran dekat handle / grip. Nah joran tipe fast tapper lebih mudah dipakai untuk teknik mancing casting karena dengan joran ini kita bisa casting lebih jauh dan respon joran atau rod saat di gentak / sentak juga cukup cepat.


Sekian Tips Dan Trik Memilih Joran Atau Rod Untuk Casting kali ini sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya. Jangan lupa juga baca 5 Faktor Utama Saat Memancing.
loading...